Custom Search

Rabu, 17 Juli 2013

Pembukaan Masjid Ahmadiyah, Terbesar di British Columbia

Di bawah kepemimpinan khilafah spiritualnya, Jemaat Ahmadiyah kini telah membangun lebih dari 15.000 masjid, lebih dari 500 sekolah, dan lebih dari 30 rumah sakit. Ahmadiyah telah menterjemahkan Al-Qur'an ke dalam lebih dari 60 bahasa. Ahmadiyah, sebuah sekte Islam yang sangat dianiaya, secara resmi telah membuka masjid yang terbesar di BC (British Columbia, Canada) dengan menekankan pesan, perlunya semua agama untuk mengembangkan perdamaian, mengutuk kekerasan, dan memperjuangkan kebebasan hati nurani secara universal.


Peresmian Masjid Baitur Rahman (Rumah Allah yang Maha Pemurah) di 9570 River Road di Delta, BC ini akan dipimpin langsung oleh Pemimpin dunia Jemaat Ahmadiyah, Mirza Masroor Ahmad.

Ahmad, yang tinggal di pengasingan di London, adalah pemimpin spiritual muslim Ahmadi, sebuah sekte kecil agama Islam dengan pengikut tersebar di seluruh dunia dan terbanyak di Pakistan, Asia Tenggara dan Afrika Barat.

Kebanyakan Muslim mengatakan Ahmadiyah bukan Islam.

Sekte yang didirikan di India lebih dari 100 tahun yang lalu, telah dipandang sesat di banyak negara Muslim karena perbedaan teologis yang diawali oleh pendiri mereka yang mengklaim sebagai metaforis kedatangan kedua kali Isa Almasih, yang diutus untuk menegakkan syariat Islam dan menekankan dakwah anti kekerasan. Hal itu berbeda dengan prinsip utama mainstream Islam yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad adalah nabi terakhir, demikian ditulis oleh The Wall Street Journal.

Di Pakistan, sekitar empat juta warga Ahmadiyah tidak diperbolehkan untuk menyebut diri mereka sebagai Islam atau menjadi pemilih (dalam pemilu) dengan menyebut nama Muslim. Serangan terhadap Ahmadiyah disana telah menyebabkan ratusan orang meninggal. Di beberapa negara mereka dilarang untuk menjalankan haji ke Mekkah di Arab Saudi.

Tetapi hal itu tidak menghambat upaya mereka di Amerika Serikat, dimana dalam beberapa tahun terakhir ini mereka menampilkan wajahnya dengan mengadakan donor darah dan banyak tampil di televisi dalam membela Islam, tulis Wall Street Journal.

Berbeda dengan dunia Islam yang lebih besar yang memiliki banyak pemimpin lokal dan regional tetapi tidak ada hirarki tunggal, Ahmadiyah dijalankan di bawah struktur yang jelas yang memungkinkan mereka bisa memobilisasi dengan cepat suatu kegiatan publik dan upaya-upaya lobbi, kata pemimpin mereka.

Didirikan pada tahun 1889, Ahmadiyah telah mencakup lebih dari 200 negara dengan keanggotaan melebihi puluhan juta. Jemaat Islam Ahmadiyah adalah satu-satunya organisasi Islam yang meyakini bahwa Almasih yang ditunggu-tunggu telah datang dalam wujud Mirza Ghulam Ahmad (1835-1908) dari Qadian, India. Ahmad diklaim sebagai metaforis kedatangan kedua Isa Almasih dari Nazaret dan melalui bimbingan Ilahi, kedatangannya telah dinubuatkan oleh Nabi Muhammad [saw]. Ahmadiyah percaya bahwa Allah Ta’ala mengutus Ahmad, seperti halnya Nabi Isa, adalah untuk mengakhiri perang agama, menentang terjadinya pertumpahan darah dan membangun kembali akhlak, keadilan dan perdamaian. Turunnya Ahmad telah membawa era menuju kebangkitan dan moderasi Islam yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dia melepaskan muslim dari keyakinan dan tindakan ektrim dengan semangat memperjuangkan ajaran Islam yang benar dan esensial .

Pemimpin Spiritual (khalifah) kelima sekarang, Mirza Masroor Ahmad, tinggal di Inggris.


Di bawah kepemimpinan khilafah spiritualnya, Jemaat Ahmadiyah kini telah membangun lebih dari 15.000 masjid, lebih dari 500 sekolah, dan lebih dari 30 rumah sakit. Ahmadiyah telah menterjemahkan Al-Qur'an ke dalam lebih dari 60 bahasa.

Ahmadiyah menyebarkan ajaran Islam yang sebenarnya dan pesan perdamaian dan toleransi melalui saluran televisi satelit (MTA) yang mengudara 24 jam, melalui media internet (alislam.org) dan media cetak (Islam International Publications). Ahmadiyah telah berada di garis depan dalam memberikan bantuan bencana yang terjadi di Amerika Serikat dan di seluruh dunia melalui sebuah organisasi amal independen, Humanity First.

Masjid Baitur Rahman akan menjadi Masjid Ahmadiyah terbesar di British Columbia dan tempat ibadah untuk semua.

Bangunan utama 33.419 meter persegi ini berdiri diatas tanah seluas 3,8 hektar. Masjid ini memiliki menara setinggi 76 kaki dan kubah 47 kaki.

Sumber :
http://ahmadiyyatimes.blogspot.com/2013/05/canada-place-of-worship-for-all-in-bc.html  
Sumber